8.21.2019

Pentingnya Memiliki Karakter Leadership

Leadership.. ya leadership adalah salah satu karakter penting, yang seharusnya dimiliki setiap orang.  Tentunya dalam rentang usia remaja, karakter leadership sudah harus dibangun. Kemarin, teman2 KPB kedatangan Kak Andy. Kelas 10 tidak diberitahu apa2 tentang kegiatan ini, kami hanya diminta untuk datang ke bengkel.  Saat tahu kak Andy yang datang ,awalnya aku merasa sedikit kaget, tapi ternyata kak Andy hanya memberikan kelas tentang leadership.  

Sebenarnya seberapa penting sih leadership itu? Menurut aku sendiri, leadership itu penting, karena tanpa karakter leadership, kita akan selalu bergantung dengan orang lain dan akan sulit untuk maju.  Leadership bukan berarti bos yang memerintah bawahannya, tapi sikap dimana kita bisa mengatur semua agar tetap dijalur dan bisa mencapai tujuan tepat waktu dan baik. Seorang leader harus mau turun dan bekerja sama dengan bawahannya. 

 Sebaiknya sih tidak ada jabatan antara bawahan dan atasan, karena menurutku, dengan adanya sebutan atasan dan bawahan, akan ada jarak yang mungkin bisa membuat sulit progres.  Aku sendiri lebih nyaman bekerja tanpa ada sebutan jabatan, toh kita sama2 bekerja untuk mencapai sesuatu. Nah sekarang kita lanjut ke cerita kegiatan bersama kak Andy kemarin..

Kegiatan itu dimulai dari jam 10 sampai jam 11 siang.  Pertama-tama kami ditanya oleh Kak Andy, apa motivasi kami untuk bergabung di KPB.  Dan setelah kami semua menjawab, Kak Andy menceritakan tentang pentingnya leadership dan bagaimana ia menerapkannya.  Secara umum leadership adalah proses dimana seorang individu mempunyai pengaruh terhadap orang lain, memberi semangat, memotivasi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan mereka guna membantu tercapai tujuan kelompok atau organisasi. Beliau juga menceritakan tentang salah satu konsep yang diterapkan di smipa yaitu konsep "4AH" yaitu arah (visi dan tujuan kita mau kemana dan ngapain), langkah (cara atau langkah yang akan ditempuh untuk mencapai visi kita), gairah (semangat yang ada) dan terakhir berjamaah (kita tidak bekerja sendiri, tetap butuh bantuan orang lain). 

Karena kita merupakan angkatan paling atas (SMA) jadi kami minta untuk memiliki sikap leadership untuk diterapkan nanti disaat acara Slametan.  Selain menjelaskan tentang konsep "4AH" kak Andy juga menjelaskan kalau semuanya harus dimulai dari diri sendiri, jangan mengandalkan orang lain.  Banyak orang yang ingin perubahan, tapi hanya sedikit yang mau memimpin perubahan, padahal kalau tidak ada pemimpinnya, semua akan sulit untuk berjalan. 








Cr: https://aasutioso.wordpress.com/2018/11/20/belajar-jadi-pemimpin/

Agar lebih menyenangkan, Kak Andy juga memberikan selingan berupa video motivasi dari Ted X dan video berjudul "if you want to change the world, start off by making your bed".  (Link video ada dibawah) Video itu cukup menarik, karena bisa memotivasi. Aku sendiri cukup termotivasi karena sebelumnya aku tidak memiliki terlalu banyak rutin (baik pagi maupun malam) tapi setelah menonton video dan mendengarkan kelas Kak Andy, aku jadi berpikir kalau memiliki rutin itu penting dan aku akan mulai membuatnya.  Hal penting yang akan selalu aku ingat adalah tentang urutan thoughts, actions, habits, character and destiny. Mulai dari pikiran kita, kemudian kita melakukan dan jadi sebuah kebiasaan. Setelah jadi kebiasaan, itu akan menjadi karakter kita dan semuanya kembali kepada takdir.  

Hal baru yang bisa aku terapkan yaitu untuk membuat sebuah rutin sendiri dan berkomitmen untuk menjalankannya.  Dulu aku sempat memiliki rutin, tapi di SMA ini aku sedikit berantakan rutinnya tapi aku berkomitmen untuk mulai membuat rutin lagi dan menjalankannya.  Memang tidak mudah untuk menjalankan sebuah rutin, tapi percayalah, dari rutin ini kita akan memiliki kebiasaan yang baik dan tanpa sadar ada karakter karakter bagus yang terbangun dalam diri kita.  

Hal penting yang harus diingat adalah kepemimpinan dibangun dari diri sendiri dan bisa dimulai dari hal kecil.  Harus dikerjakan dengan tekun dan maksimal walaupun tidak ada orang lain melihat… :)

Link video "if you want to change the world, start off by making your bed"
https://youtu.be/3sK3wJAxGfs

No comments:

Post a Comment