3.12.2018

Pulang ke Bandung!! #PerjalananCicalengka5


“Menarik juga yaa kisah dibalik kabupaten Cicalengka ini!”seru sakah satu temanku.  “Kalau asal usul nama Cicalengka ini dari mana sih kang?”tanya Karmel.  “Oh kalau namanya mah kalau Ci kan artinya air, kalau Calengka katanya sih nama tanaman, jadi artinya ada tanaman Calengka di sungai, makanya namanya Cicalengka”jawab Kang Irvani.  Kami mengobrol lumayan lama dengan Kang Irvani.  Kami mengobrol di sebuah ruangan kecil yang bisa disebut juga sebagai perpustakaan karena diruangan tersebut ada banyak rak yang dipenuhi oleh buku.  Ia juga memperlihatkan salah satu majalah kuno yang berjudul "Sampoer Merah". Walaupun umurnya sudah tua, namun tulisannya masih terbaca dan ternyata isinya bagus sekali.  Tulisannya masih menggunakan ejaan lama jadi menambah rasa penasaranku juga.  Setelah selesai berdiskusi, kami pun memakan bekal kami, yaitu bekal makan berat.  Selama kami makan, kami membicarakan banyak hal yang menyenangkan, sampai kami lupa dengan perjalanan kami yang sudah sangat melelahkan tadi.  Setelah kami selesai makan, kami pun pamit dan mengucapkan terima kasih kepada Kang Irvani, kemudian pergi ke stasiun untuk bersiap pulang ke Bandung. 
Kebetulan aku dan kelompokku kebagian jalan pertama.  Walaupun matahari bersinar terik, aku dan kelompokku tetap bersemangat, karena sebentar lagi kami akan kembali ke Bandung.  DI perjalanan, kami mengobrol dan asik berdiskusi tentang perjalanan kali ini.  Tentang suka dan duka serta kesan-kesannya.  Sesampainya di stasiun, aku memberikan uang sebesar Rp.15.000,- kepada Bimo, agar ia membeli tiket.  Setelah ia membeli tiket, kami semua langsung masuk ke dalam kereta, karena sebentar lagi kereta yang akan kami tumpangi akan segera berangkat.  Kereta tersebut berangkat pukul 13.05 dan kami baru masuk ke kereta pukul 13.00. 
Sesampainya di kereta, aku dan teman sekelompokku langsung mencari tempat duduk.  Namun ternyata tidak ada tempat duduk yang kosong.  Aku dan teman sekelompokku akhirnya memutuskan untuk duduk bersama seorang bapak-bapak yang kelihatannya ramah dan tidak mencurigakan. 
Dan Keretapun BERANGKAT!
Di perjalanan pulang, cuacanya sangat tidak mendukung.  Cuaca dikala itu sedang hujan deras disertai angin.  Untuk menghilangkan rasa bosan dan kantuk, akhirnya aku, Bimo dan Chaca mengobrol dan bermain berbagai jenis permainan, mulai dari permainan jari sampai permainan di HP.  Saat pulang, aku tidak setakut saat berangkat tadi, takut kelebihan stasiun dan sebagainya.  Perjalanan pulang dari Cicalengka ini sangat menyenangkan dan sangat berkesan untukku.  Dan kami pun tiba di Bandung! Kami turun di Stasiun Bandung bagian selatan, sedangkan kami semua dijemput di Stasiun Bandung bagian Utara, maka kami pun harus berjalan ditengah derasnya hujan dan kencangnya angin. Pengalaman yang sangat menyenangkan, karena selama ini, di semua perjalanan kami, tidak pernah hujan, selalu panas. 
Sesampainya di Stasiun Bandung bagian utara, kami semua langsung pulang ke rumah masing-masing.  Tidak lupa sebelum pulang kami berdoa bersama dan mengumpulkan surat tugas.  Terima Kasih untuk teman-teman Dolangan, kakak-kakak Dolangan, semua narasumber di Cicalengka atas semua pengalaman dan kisahnya yang menarik dan seru.  Terima kasih juga untuk Chaca dan Bimo yang sudah menjadi teman sekelompokku. Kerja sama tim kita dalam perjalanan ini sangat keren! Kita sudah bisa bekerja sama dengan baik dan sudah bisa kompak.  Semoga di Perjalanan Besar gini juga yaa…

Foto peta Cicalengka:


Sampai bertemu di perjalanan kami yang selanjutnya yaa!!

No comments:

Post a Comment