3.20.2020

What To Do When You're In Self Quarantine

Setelah kemarin membahas tentang virus corona, kali ini aku akan membagikan pengalamanku selama melakukan kegiatan belajar di rumah.  Tentunya banyak dari kalian yang seminggu kebelakang ini. berkegiatan rumah atau lebih sering kita dengar diisolasi. Sebelumnya kita bahas dulu apa itu isolasi. Isolasi adalah mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah, interaksi dengan orang lain serta mengurangi kontak tatap muka langsung. Langkah ini termasuk menghindari pergi ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi, seperti supermarket, bioskop, dan stadion.  Bila seseorang dalam kondisi yang mengharuskannya berada di tempat umum, setidaknya perlu menjaga jarak sekitar 1,5 meter dari orang lain.

Di sekolahku sendiri, baru diputuskan kami akan mulai berkegiatan di rumah hari Sabtu kemarin, 14 Maret 2020.  Mendengar hal itu aku merasa cukup tenang, karena akhir-akhir ini orang memang sudah heboh dengan penyebaran virus ini dan katanya untuk memutus rantai penyebaran virus itu adalah dengan berkegiatan di rumah, jangan banyak keluar dan berinteraksi dengan orang banyak.  Awalnya aku merasa senang, karena aku pikir dengan berkegiatan di rumah, aku bisa bangun siang dan bisa lebih santai ber kegiatannya, tapi ternyata sama saja. Kami harus absen sebelum pukul 07.30 dan kegiatan pun sama, kami harus belajar sampai waktu pulang seperti biasa.  
Selain belajar dan mengerjakan tugas dari sekolah, tentunya aku juga jadi punya banyak waktu luang untuk melakukan hal-hal yang aku sukai.  Nah selama mengisi waktu luang, ada cukup banyak kegiatan yang aku lakukan, tapi yang paling penting, aku selalu berusaha untuk mengisi waktu luangku itu dengan hal yang produktif.  Seperti biasa, salah satu kegiatanku untuk mengisi waktu luang adalah online course, atau belajar secara online.  Aku sendiri sudah cukup lama mengikuti kursus online ini, dan karena aku senang melakukannya, kegiatan ini menjadi berkelanjutan.  Untuk sekarang, aku sedang mengambil kursus yang kebanyakan membahas tentang kesehatan. Ada banyak situs yang membuka kursus online, kalian bisa cari di internet dan mungkin mencobanya satu.  Konsepnya kita akan belajar dari video atau artikel dan nantinya kita juga akan mendapatkan tugas-tugas dengan beberapa tenggat waktu dan quiz agar bisa mendapatkan sertifikat. Memang untuk memulainya kadang malas, tapi setelah mengerjakannya jadi ketagihan dan akhirnya berkelanjutan deh. 

Untuk kursus online, aku memiliki beberapa rekomendasi nih.  Buat kalian yang ingin kursus online tapi dengan bahasa indonesia, kalian bisa buka IndonesiaX, disana ia menawarkan banyak sekali jenis kursus dan nantinya kita akan mendapatkan sertifikat juga. Nah untuk kalian yang suka kursus online menggunakan bahasa inggris, kalian bisa buka situs Udemy, Skillshare atau Future Learn.  Disana ada banyak sekali jenis kursus dengan cara belajar yang berbeda-beda. Aku sendiri sih lebih suka belajar dari Skillshare kalau kursus online menggunakan bahasa inggris, karena banyak menggunakan video dan cara mengajarnya pun cocok denganku. Aku sendiri menyarankan kalian untuk mengerjakan kursus online menggunakan bahasa inggris di beberapa situs yang tadi sudah aku sebutkan, karena sertifikat yang didapat dari kursus online ini bisa kalian gunakan di seluruh dunia, jadi bisa dijadikan portofolio untuk kalian, kalau misalnya kalian mau kuliah diluar negeri. 






Selain kursus online, aku sering melakukan olahraga, bisa olahraga pagi atau sore.  Jenis olahraga yang aku lakukan juga berbeda-beda tergantung dengan keinginanku. Untuk olahraganya, aku sering mencari referensi dari Pinterest, Instagram dan internet seperti Goggle, tapi lebih seringnya sih dari Youtube, karena kalau dari Youtube aku merasa seperti olahraga bersama dengan orang lain.  Kalian bisa olahraga ringan seperti yoga sampai olahraga yang cukup berat seperti HIIT atau cardio. Olahraga tidak harus selalu dilakukan di gym kok, kalian bisa melakukannya di rumah sendiri. Menurutku mengisi waktu luang dengan olahraga sangatlah bagus, karena membantu mempertahankan daya tahan tubuh kalian, walaupun diam di rumah jangan jadi hanya diam dan bermalas-malasan, kalian harus tetap bergerak yaa!





Mencoba memasak hal baru juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan selama masa isolasi ini loh.  Tapi pastikan makanan yang kalian masak juga merupakan masakan sehat ya, jadi membantu meningkat imun kalian juga. Kalian bisa cari resepnya dari banyak sumber, bisa dari Pinterest, Instagram atau Goggle.  Aku juga selama masa isolasi seringkali mencoba resep baru dan itu menyenangkan sekali, selain belajar, ada hasilnya juga yang bisa kita makan.  HAHAHA… Jangan takut gagal, karena kalau gagal pun setidaknya kalian sudah mencoba sesuatu yang baru.  

Satu hal yang mungkin paling malas kalian lakukan tapi paling memberikan manfaat adalah beberes.  Ya, beberes mungkin hal yang paling membuat kalian malas, tapi kalian bisa melakukan ini di masa isolasi ini.  Kalau kalian memiliki waktu yang cukup panjang, kalian bisa membereskan beberapa bagian di rumah kalian, dimulai dari kamar sendiri.  Kalian bisa membereskan lemari baju atau meja kerja kalian, karena selain agar bersih, kalau tempat kalian berkegiatan bersih, bisa menambah semangat kalian juga dalam memulai hari atau berkegiatan.  Tidak butuh waktu yang lama kok untuk membereskan hal-hal sepele seperti itu, itung-itung biar ga ada kuman atau virus yang berkembang biak juga. 

Nah buat yang cewek-cewek nih, pasti kalian bosen banget kan di rumah kalau ga tau harus ngerjain apa, ya walaupun ada tugas dari sekolah atau pekerjaan dari kantor, tapi pasti ada saatnya kalian akan bosen.  Untuk mengatasi rasa bosan itu, kalian bisa melakukan self-care yang bisa kalian lakukan kalau ada waktu luang. Disaat banyaknya virus yang berkembang biak, jangan hanya kesehatan fisik yang kalian jaga, kesehatan mental juga harus kalian jaga, agar imun kalian tidak turun. Self-care yang kalian lakuin juga beragam banget, mulai dari berendam di bathtub dengan bubble bath kesukaan kalian, maskeran dan santai atau mengecat kuku kalian dengan cat kuku yang baru.  Hal ini bisa menambah semangat kalian untuk melakukan kegiatan selanjutnya loh! Selama seminggu kebelakang ini aku juga sering melakukan self-care kok!

Bagi yang extrovert, mungkin susah banget untuk melakukan isolasi ini, dimana kalian biasanya berinteraksi dengan banyak orang, tapi sekarang kalian harus berkegiatan sendiri di rumah tanpa banyak berinteraksi dengan orang banyak.  Nah buat ini ada solusinya nih, kalian bisa telepon atau video call dengan teman kalian, agar kalian bisa tetap berinteraksi walaupun tidak bisa bertemu langsung. Setidaknya hal ini bisa mengurangi rasa bosan kalian  . 

Hal lain yang bisa kalian lakukan adalah membaca buku baru atau mulai membuat jurnal. Biar kalian ga ngeliatin HP terus, yang dimana bisa merusak mata juga, lebih baik kalian membaca buku deh.  Buku yang kalian baca bisa buku apa saja, tergantung dengan selera kalian. Membaca buku secara rutin memiliki manfaat yang baik loh, bisa menambah kosakata kita dan bisa menambah pengetahuan kita.  Ada penelitian yang menjelaskan bahwa orang yang sering membaca buku memiliki resiko lebih rendah untuk pikun loh dibandingkan dengan orang yang hanya melihat gawai HPnya. Selama satu minggu terakhir ini, aku juga sedang banyak membaca buku dan membuat jurnal.  AKu baru belajar menggambar beberapa hal di jurnal dan dari jurnal ini aku bisa ngetrack hari-hariku sehingga akhirnya aku bisa melihat apakah aku sudah produktif atau belum.  

Buat kalian yang suka berkebun, kalian bisa menanam tanaman baru loh selama masa isolasi ini.  Tapi kan ga boleh keluar? Gampang, kalian bisa menanam tanaman menggunakan botol plastic bekas atau menggunakan pot kecil. Ga usah terlalu besar, agar bisa kalian letakkan di dekat jendela di dalam rumah.  Kalian bisa belajar menanam tanaman baru juga. Kalian tidak butuh banyak keluar untuk mengecek tanaman kalian, kalau kalian ada kebun kecil dibelakang rumah, kalian bisa menyimpan tanaman kalian disana. Jangan lupa disiram juga yaa. Aku sendiri belum sempat melakukan kegiatan ini, tapi aku sendiri ingin sih mencoba menanam tanaman sendiri, terutama tanaman yang bisa digunakan untuk memasak, agar bisa mendukung hobiku yaitu memasak. 

Nah yang kaum rebahan pasti senang nih dengar kegiatan yang satu ini.  Coba tebak apa kegiatannya. Yap, Netflix and Chill.  Siapa yang ga suka dengan kegiatan yang satu ini.  Kegiatan yang paling nyaman dan paling banyak dilakukan orang-orang.  Kalau kalian ada waktu luang, ga ada salahnya kok melakukan kegiatan ini, asal jangan keseringan ya, nanti kalian malah ga produktif karena keenakan.  Selain itu senang-senang, kegiatan ini bisa kalian gunakan sebagai waktu untuk menambah pengetahuan kalian, misalnya dengan menonton film dokumenter. Dari situ mungkin kalian bisa menulis blog juga atau membuat sebuah karya yang berkaitan dengan informasi yang kalian dapatkan dari film tersebut.  

Tentunya ada banyak sekali kegiatan yang bisa kalian lakukan selama masa isolasi ini, mungkin kalian juga memiliki rekomendasi kegiatan yang sesuai dengan hobi atau kesukaan kalian.  Walaupun kalian harus diam dirumah, jangan sampai kalian jadi mati gaya ya, tetap lakukan hal-hal yang produktif juga dan jangan lupa selain menjaga kesehatan fisik, kalian juga harus menjaga kesehatan mental kalian agar imun kalian tidak turun.

No comments:

Post a Comment