3.05.2020

Memulai Hidup Sehat #1

Mungkin untuk beberapa orang, memulai hidup sehat adalah hal yang sulit.  Memang untuk memulainya akan sulit, tapi lama kelamaan kita akan terbiasa dan tubuh kita juga akan bisa beradaptasi.  Aku sendiri dulunya bukan orang yang melakukan gaya hidup yang sehat, aku banyak mengkonsumsi junk food dan jarang sekali mengkonsumsi makanan sehat. Namun sekarang, aku sedang berusaha untuk mengubah pola hidupku menjadi lebih sehat. Sebenarnya ga susah kok, asal kita benar-benar memiliki niat dan tekad yang kuat.  Jangan banyak alasan, mahal lah, ga sempet dan lainnya. Tentunya harus ada yang dikorbankan untuk bisa menjalani sesuatu dan nantinya setelah kita bisa melaksanakannya, kita akan bangga pada diri sendiri.  

Menerapkan pola hidup sehat memiliki banyak manfaat loh, salah satunya adalah kalian bisa lebih produktif dan sehat.  Kalian tidak mudah sakit, disaat orang-orang lain banyak yang sakit Kalian juga bisa jadi lebih produktif dan lebih pintar kalau mengkonsumsi lebih banyak makanan sehat. Jujur saja, hal-hal itu bisa menjadi hal yang dibanggakan dari diri kalian loh..

Ada beberapa ciri2 dimana kita sudah berada dalam pola hidup yang tidak sehat, misalnya kita mudah jatuh sakit.  Di musim hujan seperti sekarang ini, banyak sekali orang yang jatuh sakit, padahal mereka tidak hujan-hujanan dan banyak mengkonsumsi vitamin. Selain tidak sehat, secara tidak langsung hal itu juga menghambat beberapa kegiatan kita.  Nah di bawah ini aku akan memberikan beberapa tips untuk mulai menjalani pola hidup yang sehat. 

Ada banyak tips yang bisa diikuti untuk memulai pola hidup sehat dan ini ada beberapa tips mudah yang bisa dijadikan langkah awal untuk kalian yang ingin menjalankan pola hidup sehat.  

Ganti air manis menjadi air putih

Minum minuman manis tentu sangat enak bukan, apalagi disaat matahari sedang bersinar terik.  Namun tanpa kamu sadari, kamu sedang menimbun hal-hal jahat didalam tubuh. Gula yang tinggi dan kalori yang tinggi, apabila tidak diseimbangi dengan kegiatan fisik, bisa menjadi timbunan lemak di tubuh, yang efek jangka panjangnya, bisa menyebabkan penyakit-penyakit serius, seperti diabetes, kolesterol bahkan penyakit jantung. 

Makan tanpa distraksi 

Di zaman modern ini, banyak dari kita yang bermain gadget saat sedang makan.  Benar begitu kan? Nah menurut beberapa penelitian, melakukan suatu kegiatan sambil makan sangat tidak disarankan, karena melakukan banyak hal saat makan akan mengurangi kemampuan tubuh untuk merasakan jumlah makanan yang masuk. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa saat kalian makan sambil menonton televisi membuat kalian secara tidak sadar makan lebih banyak sekaligus mengurangi kemampuan tubuh untuk mengingatkan kalian berapa banyak yang sudah kalian makan. 

 Cukupi kebutuhan tidur 

Tahukah anda waktu tidur yang baik untuk usia anda berapa lama? Untuk anak berumur 6-12 tahun sebaiknya tidur 10 jam/hari, anak umur 12-18 tahun sebaiknya tidur 8.5jam/hari dan orang berumur 18-40 tahun sebaiknya tidur 7-8 jam/ harinya.  Ya kebutuhan tidur manusia berbeda, berdasarkan umurnya. Nah oleh karena itu penting untuk memperhatikan durasi istirahat kita masing-masing. Selain untuk mendukung pertumbuhan, tidur yang cukup juga bisa membuat kita lebih segar dan (otak lebih baik bekerja di pagi harinya) loh.  Disamping harus mencukupi waktu tidur, sebaiknya waktu awal tidur dan bangun kita sama setiap harinya, sehingga tubuh kita akhirnya sudah diatur agar selalu tidur di waktu yang sama.  

Perbanyak aktivitas fisik latihan 

Selain membatasi konsumsi makanan tinggi kalori, kita juga harus melakukan aktifitas fisik.  Tidak usah yang terlalu susah, dengan memilih tangga dibandingkan lift juga sudah menjadi pilihan yang baik. Perbanyak aktivitas dimana kita bisa membakar kalori makanan yang sudah kita makan.  Kalau kalian hobi berolahraga lebih bagus lagi, tapi yang paling penting kalau kalian berolahraga jangan jadi terpaksa, tapi harus karena memang suka, jangan dijadikan beban. Ada banyak hal mudah seperti kegiatan sehari-hari yang bisa menambah aktivitas fisik kalian, misalnya dengan mengganti dari yang biasanya naik lift jadi naik tangga.

Makan makanan secara seimbang 
Agar memiliki tubuh yang sehat dan bugar, kalian harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan tentunya seimbang! Ya seimbang. Yang paling penting adalah kalian banyak makan sayur dan buah, tapi jangan lupa kalian juga tetap harus mengkonsumsi karbohidrat, protein dan lemak dengan porsi yang secukupnya, jangan kebanyakan, karena kalau kita makan banyak dan tidak diseimbangi dengan aktifitas fisik, energi tersebut akan disimpan berupa lemak.  Kalau kalian ingin hidup sehat, atau bagi beberapa kaum hawa ingin menurunkan berat badan, bukan berarti kalian berhenti mengkonsumsi lemak dan karbohidrat. Dengan begitu, kalian sama saja dengan merusak jaringan dan tubuh kalian. Kalian bisa menggantikannya dengan hal yang lebih sehat, misalnya untuk lemak, kalian bisa menggantinya dari minyak goreng biasa menjadi minyak kelapa atau alpukat. Untuk hal ini akan aku bahas lebih lanjut di part 2 ya yang fokus membahas tentang diet, yang berasal dari pengalamanku sendiri. 

Banyak senyum dan tertawa 

Selain hal-hal yang aku sebutkan di atas, ada satu hal yang paling penting dan paling mudah kita lakukan, yaitu banyak tersenyum dan tertawa. Pasti kalian bingung kan?? Nah dengan banyak tersenyum dan tertawa tanpa kita sadari, bisa membuat hari lebih baik sehingga kita bisa lebih semangat dan bersikap lebih positif.  Kalau kalian banyak tertawa dan tersenyum, kalian sama dengan menebarkan aura positif ke orang-orang.  

Bersambung...


1 comment:

  1. Your Affiliate Profit Machine is ready -

    Plus, making money with it is as simple as 1, 2, 3!

    Here's how it all works...

    STEP 1. Tell the system what affiliate products you want to promote
    STEP 2. Add PUSH button traffic (this ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the system explode your list and up-sell your affiliate products all by itself!

    Do you want to start making money???

    You can test-drive the system for yourself risk free...

    ReplyDelete