10.13.2019

Boardgame

Rabu, 9 Oktober 2019, aku dan teman-teman KPB kelas 10 melakukan riset untuk proyek boardgame kami.  Untuk itu kami pergi ke DOTS, salah satu cafe boardgame terkenal di Bandung.  Letaknya berada di Ruko Paskal Hyper Square blok F41 - F42.  Karena cafe ini baru buka jam 11.00 WIB, aku dan teman-teman baru masuk jam 11 dan menentukan titik kumpul langsung di cafenya.  
Saat masuk, kita langsung ke kasir untuk bayar tiket dan mendapatkan cap, sebagai tanda kalau kita sudah membayar dan bisa bermain boardgame sepuasnya disana.  Kita hanya boleh membawa 2 boardgame dulu ke meja, dan kalau sudah selesai baru boleh ambil boardgame yang lain. Awalnya, aku dan teman-teman memilih boardgame "Shadow Hunter" dan "Avalon".  


Shadow Hunter adalah boardgame tentang cara bertahan hidup di sebuah hutan.  Didalam game ini ada 3 tokoh, yaitu Shadow, Hunter dan Neutral.  Di game ini, Hunter harus membunuh semua Shadow, Shadow harus membunuh semua Hunter dan Neutral harus bertahan hidup sampai akhir game.  Di game ini, kita dibagi kartu tokoh secara acak, sehingga kita tidak tahu mana yang merupakan teman kelompok dan mana yang merupakan musuh.  Seharusnya game ini selesai setelah 1 jam permainan, tapi saat kami bermain, kami baru bisa menyelesaikannya setelah 2 jam bermain. 

Menurutku 3 hal menarik dari boardgame ini adalah bisa terjadi pertarungan sengit sesama kelompok, karena kita tidak akan tahu mana yang merupakan kelompok dan mana yang bukan.  Yang membuat tambah seru, terkadang kita malah membunuh teman sendiri, yang akhirnya membuat kita tidak lagi kuat melawan lawan. Kedua di game ini ada banyak cara menang, sehingga lebih fleksibel dan seru.  Terakhir, alur cerita di game ini unik dan rumit sehingga sangat berkesan untukku. 


Selanjutnya, boardgame Avalon.  Avalon sendiri adalah boardgame tentang kekuatan baik dan jahat dalam pertempuran untuk mengendalikan masa depan.  Di game ini ada banyak tokoh, ada yang baik dan ada yang jahat. Lagi-lagi kartu tokoh dikocok dan kita tidak semuanya mengetahui mana yang merupakan kelompok kita.  Nanti setelah kita dibagikan kartu tokoh, kita harus menyelesaikan beberapa misi.  Menurutku ini menarik karena kita harus menyelesaikan misi yang kemungkinan saja kita bekerjasama dengan orang yang seharusnya menjadi lawan.  


3 hal menarik dari boardgame ini menurutku adalah karena ada bagian tutup matanya (untuk mengetahui teman kelompok beberapa).  Menurutku ini menarik karena aku belum pernah enemukan boardgame seperti itu.  Kedua, yang menarik adalah cara kita berpikir dan brbicara akan sangat terbaca di boardgame ini dan ini mengajarkan cukup banyak hal menurutku, bahwa kita bisa saja membaca cara bicara dan cara berpikir orang dan itu bisa mempengaruhi sudut pandang kita.  Selain itu, digame ini banyak menggunakan feeling, jadinya lebih seru dan sengit permainannya.  Terakhir, karena setiap kartu memiliki kekuatan sendiri, jadinya lebih menarik dan karena ada kelompok, melatih kerjasama juga dan kepercayaan.  


3 hal yang bisa diperbaiki pertama adalah cara menang, karena di game ini tim merah bisa menangdengan 2 cara, sedangkan tim biru hanya bisa menang dengan 1 cara.  Kedua, di bagian menutup mata apakah tidak ada kemungkinan untuk licik? Bagaimana mereka bisa mengantisipasinya? Dan game ini juga mengajarkan untuk bohong sih, jadi kurang recomended untuk anak kecil.  Terakhir adalah cara membuat durasi permainan lebih panjang, karena kalau lebih lama akan lebih seru gamenya.  


Setelah menyelesaikan 2 boardgame tersebut, kita diminta untuk memilih boardgame lain, dan kami dipilihkan game bernama "You've Got Crabs".  Di permainan ini, kita dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana setiap kelompoknya beranggotakan 2 orang.  Kita tidak boleh duduk berdekatan dengan teman sekelompok.  diawal permainan, kita akan dibagikan 4 kartu dan 2 buah pion berbentuk kepiting.  Tugas kita adalah mengumpulkan 4 kartu yang sama dan mengumpulkan pion kepiting yang banyak.  Nanti kita akan diberikan kesempatan untuk menukarkan kartu yang ada di tangan kita dengan kartu ditengah agar 4 kartu yang ada ditangan kita sama semua.  Setelah berhasil mengumpulkan kartu, kita harus memberitahu teman kita (yang duduknya berjauhan) bahwa kita sudah selesai mengumpulkan kartunya.  Nanti teman kita akan berteriak "CRABS!" dan nanti kita akan mendapatkan pion kepiting lainnya.  Tapi kode yang kita berikan tidak boleh didiskusikan sebelumnya jadi seru banget sih menurutku, permainannya jadi tambah sengit. 


3 hal menarik dari boardgame tersebut adalah pertarungannya saat mau memberi tahu teman kalau kartu kita sudah terkumpul semua karena bisa saja lawan melihat dan malah lawan yang menang.  Kedua ada kemungkinan lawan tahu kartu apa yang kita kumpulkan dan jumlahnya ada berapa, jadi selain mengandalkan kecepatan, mengandalkan pikiran dan ingatan juga.  Terakhir design kitaknya menarik, seperti sebuah laci jadinya menambah daya tarik boardgamenya.  Sedangkan 3 hal yang bisa diperbaiki adalah jumlah crabnya yang lebih banyak, karena kemarin main berdelapan crabnya habis.  Kedua mungkin saat mau tukar kartu bisa diberi waktu jadi ga terlalu lama atau terlalu cepat.  Dan menurutku dngan begitu akan jadi lebih menantang. Terakhir adalah tambahkan lagi challenge agar lebih menarik.  

Sekian review 3 boardgame yang kemarin aku mainkan.  Semoga bisa menambah referensi teman-teman:))

No comments:

Post a Comment