10.10.2018

Resensi Buku Douwes Dekker

Judul Buku: Douwes Dekker "Sang Inspirator Revolusi"
Pengarang: Seri Buku Tempo
Penerbit: Tempo dan KPG
Jumlah halaman: kurang lebih 168 halaman
Tahun terbit: 2012
Bahasa: Bahasa Indonesia 
Jenis cover: Soft Cover
Kategori: Sejarah
Seri: Seri Buku Tempo Bapak Bangsa



Sinopsis:
Buku ini menceritakan tentang kisah hidup Douwes Dekker, mulai dari masa kecilnya, kisah percintaannya sampai perjuangannya yang sangat berpengaruh terhadap revolusi Indonesia. Di dalam tubuhnya mengalir darah Belanda, Perancis, Jerman, dan Jawa, tapi semangatnya lebih menggelora ketimbang penduduk bumiputra. Ia, Ernest Francois Eugene Douwes Dekker atau nama Jawanya adalah Danudirja Setiabudi, orang pertama yang mendirikan partai politik Indonesia. Meski bukan penduduk Indonesia tulen, ke mana-mana Ernest Douwes Dekker selalu mengaku sebagai orang Jawa.Ia mendedikasikan seluruh hidupnya demi kemerdekaan Indonesia. Sebagai penggerak revolusi, gagasan Ernest melampui zamannya. Konsep nasionalismenya mempunyai andil saat Sukarno mendirikan Partai Nasional Indonesia. Tapi ia hidup di pembuangan ketika proklamasi kemerdekaan dibacakan.

Bersama Tjipto Mangoenkoesoemo dan Soewardi Soerjaningrat, Ernest Douwes Dekker dibuang ke Belanda. Di situ pun tiga serangkai ini getol menyuarakan perjuangan Indische Partij. Berdarah campuran Eropa-Jawa, Ernest Douwes Dekker tumbuh di Pasuruan, kota kecil di pesisir utara Jawa Timur. Jiwa pemberontak pria yang masih memiliki hubungan darah dengan pengarang Max Havelaar, Eduard Douwes Dekker, ini mengental saat bekerja di dua perkebunan di kawasan rumahnya.


Kelebihan: Buku ini memiliki kisah yang sangat menarik, yang dikemas dengan bahasa baku dan mudah dimengerti.  Walaupun terkadang ada beberapa kata yang sulit dimengerti, tapi secara keseluruhan buku ini berisi kisah sejarah yang bermanfaat dan menarik.  Buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar kuno tentang perjalanan hidup Douwes Dekker.  Disini kisah hidup Douwes Dekker dikupas sangat dalam, sehingga setelah kita membacanya, kita langsung tahu banyak tentang kisah hidup Douwes Dekker. 


Kekurangan: Mungkin kalau buku ini diganti covernya menjadi hard cover akan lebih menarik dan bernilai jual tinggi.  Selain itu, untuk saran mungkin gambar bisa diubah menjadi lebih menarik, soalnya ada beberapa gambar yang tidak atau kurang jelas, karena backgroundnya yang berwarna hitam.  



Hasil gambar untuk buku douwes dekker tempo


Sekian dari saya, semoga resensi buku ini bisa bermanfaat...
Terima kasih :)

No comments:

Post a Comment