9.05.2016

Sejarah Caringin

                                                                SEJARAH CARINGIN

                Pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2016,aku mewawancarai Pak Kandi,Bu Ami dan Bu Siti.Tujuan dari wawancara ini adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang daerah Caringin.Sebelum mewawancara,aku harus berjalan cukup jauh.Di perjalanan,aku melihat kondisi daerah Caringin yang memprihatinkan.Di sepanjang jalan,aku melihat banyak sekali sampah yang bertebaran.Terutama puntung rokok dan sampah an organik seperti kemasan makanan ringan.Di beberapa tempat terkadang terlihat ada gundukan sampah yang menggunung.Kalau dari sisi udara,di daerah Caringin udaranya masih kotor karena banyak orang yang membakar sampah dan yang memakai kendaraan bermotor.
                Setelah tiba ditempat tinggal Pak Kandi,Bu Ami dan Bu Siti,aku segera memulai wawancara.Tapi sebelum wawancara,aku melakukan sebuah obrolan basa basi agar dekat dulu.Dari obrolan itu,aku jadi tahu banyak hal tentang Pak Kandi dan Bu Ami.Ternyata umurnya Pak Kandi sudah cukup tua yaitu 83 tahun.Setelah itu aku memulai wawancara.Aku menanyakan beberapa pertanyaan.Dan akhirnya aku menemukan jawabannya.Berikut adalah hasil dari wawancaranya.Nama Caringin diambil dari nama sebuah pohon yang ada di dekat kuburan.Itu adalah pohon  beringin tapi dalam bahasa sundanya adalah caringin makanya nama daerahnya caringin.Yang menanam pohon itu adalah orang yang punya tanahnya.Pohon Caringin pertama kali ditanam di kuburan itu,makanya pohon caringin yang ada disana besar sekali.Dulu didekat SMIPA (tepatnya di tempat bubur valentine sekarang) ada tempat penangkalan pesawat(pada saat penjajahan Jepang).Sebenarnya bandaranya masih di Husein yang sekarang tapi di tempat penangkalan pesawat itu adalah tempat bengkel dan tempat persembunyian pesawat agar saat bandaranya di bom maka pesawatnya akan selamat.Tempat tinggal Pak Kandi yang sekarang,dulunya adalah tempat Jepang memata-matai (saat Jepang masih menjajah Indonesia)Pak Kandi lahir pada tahun 1933 dan saat itu sedang saatnya penjajahan Indonesia.
                Harapanku kedepannya adalah,semoga daerah Caringin bisa lebih maju dalam bidang pemerintahan,pertanian dsb.Aku juga berharap kedepannya,daerah Caringin bisa lenih bersih agar lebih banyak yang mau tinggal di daerah Caringin dan juga agar warga-warganya lebih sehat.

NARASUMBER:
NAMA:PAK KANDI,BU AMI DAN BU SITI
UMUR:85, - , -
WAKTU:RABU,24 AGUSTUS 2016,pukul :10.30 WIB – 12.00 WIB




No comments:

Post a Comment